Butir-butir Analisis Dokumen KTSP – Dokumen/Buku 1
Kelengkapan Dokumen
1. Apakah komponen dokumen KTSP lengkap sesuai dengan kerangka KTSP?
Kejelasan Uraian
1. Apakah uraian tiap sub bab/sub sub bab jelas?
2. Jika ada yang tidak jelas, pada bagian manakah hal itu? (Jika perlu, tuliskan paragraf ke berapa?)
Kerincian Uraian
1. Apakah ada penjelasan tentang hal-hal khusus yang ada pada satuan pendidikan yang bersangkutan? Misal tentang alasan besar/kecilnya alokasi waktu untuk mata pelajaran tertentu pada struktur program.
Pemenuhan Tuntutan UU/Permen
1. Apakah dokumen KTSP mencerminkan tuntutan Permen 19 th 2005 tentang SPN, ps 17, ayat 1, yang berbunyi:
Kurikulum tingkat satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB,
SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik.
Misal, suatu sekolah berada di daerah pertanian. Apakah ada uraian tertentu yang menonjolkan perihal pertanian dan diwujudkan dengan pencantuman mata pelajaran yang berkaitan dengan pertanian dalam struktur programnya?
2. Jika dokumen KTSP tersebut mencerminkan tuntutan Permen itu, pada bagian, bab/sub bab/sub sub bab mana sajakah tuntutan tersebut tersurat atau tersirat?
Kesesuaian Uraian
1. Apakah uraian yang ditulis pada tiap sub bab atau sub sub bab sesuai dengan judul sub bab/sub sub bab tersebut?
2. Apakah rumusan visi, misi, dan tujuan pendidikan sesuai dengan penjelasan dalam panduan penyusunan KTSP?
3. Apakah struktur program sejalan dengan visi dan misi satuan pendidikan yang bersangkutan?
Kekhususan – PLB, SMP Terbuka, dan SD-SMP Satu Atap
Untuk SDLB, SMPLB, SD-SMP Satu Atap, dan SMP terbuka, apakah ada uraian yang menjelaskan kekhasan atau persamaan dan/atau perbedaan satuan pendidikan tersebut dibandingkan dengan sekolah biasa?
Umum
Setelah membaca dokumen KTSP secara keseluruhan, apakah dokumen tersebut menjawab pertanyaan berikut:
- Tujuan apa yang ingin dicapai? -------------------------------------------------- Tujuan
- Pengalaman belajar apa yang perlu disiapkan untuk mencapai tujuan? ----- Materi
- Bagaimana pengalaman belajar itu diorganisasikan secara efektif? -------- Metode
- Bagaimana menentukan keberhasilan pencapaian tujuan? ----------------- Penilaian
Butir-butir Analisis Dokumen KTSP – Silabus dan RPP
Silabus
Kegiatan Pembelajaran
1. Apakah butir-butir uraian pada kolom ’Kegiatan Pembelajaran’ merupakan
’langkah-langkah kegiatan’ (Pendahuluan/Awal, Inti, dan Penutup/Akhir) atau ’besaran kegiatan’ suatu pertemuan pembelajaran?
(Seharusnya adalah: ’besaran kegiatan’)
2. Apakah kegiatan pembelajaran diperkirakan dapat mengembangkan kompetensi dasar (KD) yang bersangkutan?
Indikator
- Apakah indikator tersebut menggambarkan kompetensi yang bersangkutan? Artinya, bila indikator tersebut tercapai, apakah betul menunjukkan kompetensinya tercapai?
- Apakah indikator tersebut menunjukkan suatu perilaku yang dapat diamati dan/atau diukur?
Penilaian
- Apakah uraian penilaiannya berbentuk kategori tes (tes uraian, tes objektif) atau berupa kegiatan/tugas yang dianggap dapat mengungkap kompetensi tertentu dari siswa? (Sebaiknya berbentuk kegiatan/tugas)
- Jika penilaian berupa kegiatan/tugas, apakah kegiatan/tugas tersebut betul-betul dapat mengungkap kompetensi yang dimaksud?
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Apakah langkah-langkah kegiatan pembelajaran mencerminkan pendekatan Belajar Aktif/PAKEM? Yaitu memberi peluang/mendorong siswa untuk:
§ Berbuat atau melakukan sesuatu secara langsung;
§ Melakukan pengamatan;
§ Berdialog/berdiskusi dengan guru atau temannya; dan
§ Melakukan refleksi: memikirkan/menuliskan:
- pengetahuan dan kemampuan apa saja yang telah dikuasai setelah belajar;
- apa saja yang masih membingungkan;
- bagaimana perasaan mereka ketika belajar.
- Setelah membaca RPP, apakah keseluruhan uraian menjawab pertanyaan berikut:
Apa tujuan pembelajaran yang bersangkutan jelas?
Bagaimana langkah-langkah mencapai tujuan tersebut?
Bagaimana cara siswa atau kegiatan dikelola selama pembelajaran?
Bagaimana cara menilai apakah tujuan telah tercapai atau belum?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
h2st